Kamis, 08 Desember 2011

GURU SEBAGAI PENDIDIK

Berbagai permasalahan seorang guru sebagai pendidik terhadap siswanya, terutama guru bagian kesiswaan.
Banyak berbagai tingkah laku, karakter, ulah yang muncul dan dilakukan oleh siswa. Kalau kita cermati lebih dalam prilaku yang muncul dari siswa itu adalah ungkapan diri, yang harus kita analisa kiata amati atau kita apresiasi oleh seorang pendidik dan mencari langkah apa yang harus diperbuat oleh guru supaya siswa bisa berubah menjadi perbuatan yang positif.



Memang berat seorang guru sebagai pendidik yang punya jiwa pendidik, harus ekhlas menurunkan ilmu kepada anak didiknya, memiliki jiwa dan menjiwai pendidikan, bisa memahami sifat, prilaku atau karakter siswa, agar bisa lunak dalam menghadapi siswa yang menonjol kenakalanya. Anak yang nakal belum tentu punya dasar nakal, mungkin juga dia punya masalah yang tidak ada tempat atau malu untuk mengungkapkanya.

Berbagi pengalaman dan pengetahuan menghadapi siswa atau menghukum siswa dengan cara tidak memakai kekerasan dan anak bisa patuh terhadap tata tertip sekolah. Sebelumnya seorang guru harus sudah mengetahui latar belakang siswa, apakah siswa tersebut kurang kasih sayang apakah selalu dimanja, apakah jauh dari kedua orang tuanya atau bahkan broken hoom, langkah ini sebagai acuan untuk menindak lanjuti siswa.

0 komentar:

Posting Komentar